KOMPAS.com – Bukan sekadar aplikasi biasa. Kreator BlackBerry, Research In Motion menantang Anda untuk membuat Super App. Hal ini diungkapkan Alliance Director BlackBerry Asia Pasific, Barnes Lam pada RIM& Forsel BlackBerry Talkshow di Main Stage Indonesia Cellular Show 2010, Jakarta, Sabtu (17/7/2010) lalu. Talkshow mengambil tema “Application Development for Indonesia Market”.
Aplikasi Super ini memiliki syarat: menjalin koneksi dan selalu menyala, membuat integrasi ketat dengan aplikasi bawaan, proaktif, menghadirkan notifikasi, memiliki kontekstualitas tinggi, menunjang hubungan sosial dan konektifitas, serta didesain untuk efisiensi. Nilai Super Apps istimewa di mata RIM dan pengguna BlackBerry.
Super Apps selayaknya memiliki integrasi dengan menu bawaan BlackBerry. Anda dapat memaksimalkan semua fitur BlackBerry yang telah ada sehingga makin fungsional. Tentu konektifitas ini harus dapat diakses dengan mudah. Aplikasi harus bisa langsung terhubung dengan pesan, kalender, kontak, dan lainnya hanya dalam sekali klik.
Pengguna BlackBerry pun memiliki minat tinggi untuk menjalin hubungan sosial dalam meningkatkan jaringan komunikasi. Hal ini terbukti dengan Instant Messenger dan jejaring sosial meraih peringkat satu aplikasi gratis di BlackBerry App World. Aplikasi Super harus dapat memaksimalkan peran BlackBerry Messenger, Facebook, dan lainnya. Bahkan, pengguna aplikasi pun bisa berbagi informasi melalui gambar dengan kamera BlackBerry.
Kebutuhan pengguna BlackBerry yang memiliki mobilitas tinggi perlu dukungan Aplikasi Super yang memberikan informasi dengan ketepatan konteks. Kehadiran GPS pada BlackBerry dapat Anda menfaatkan untuk membuat Location Based Service (LBS). Aplikasi jenis ini dapat memberikan informasi relevan sesuai keberadaan pengguna.
Paket BlackBerry Internet Service atau BlackBerry Enterprise Service harus dimaksimalkan secara total oleh pengguna. Aplikasi yang ditawarkan harus memahami efektifitas biaya dengan teknologi push. Data yang besar harus dapat diunduh via WiFi sehingga tidak boros pulsa paket data lagi. Siap menjawab tantangan RIM? (
KARLINA/ FORSEL)
Author: ALIN

Sumber: Kompas.com

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *