ORLANDO, KOMPAS.com —  Research In Motion (RIM) mengumumkan secara resmi rencana peluncuran Blackberry OS 6, sistem operasi terbaru yang tengah dikembangkannya, mulai kuartal ketiga mendatang. Pengumuman itu disampaikan Mike Lazaridis, Presiden dan Co-CEO RIM, di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Senin (26/4/2010) waktu setempat jelang Wireless Enterprise Symposium 2010 yang akan digelar 27-29 April 2010. Perubahan utama yang akan dilakukan pada BlackBerry OS 6 adalah kemampuan browser web-nya.
Browser yang baru dijanjikan memberikan kecepatan akses lebih kencang, bisa membuka lebih dari satu halaman web secara bersamaan, dan mendukung fungsi zoom dengan usapan jari tangan (pinch to zoom) pada produk berlayar sentuh.
Rendering engine akan ditanam di dalam platform sehingga pemrosesan web tidak lagi sepenuhnya dilakukan di server RIM, tetapi juga dilakukan di ponsel tersebut. Namun, kabarnya fitur yang didukung sebuah Webkit ini menjadi komponen BlackBerry OS 6 sehingga ada kemungkinan tidak dapat dipakai pada OS versi sebelumnya.
Mike Lazaridis hanya mengatakan, OS 6 akan dipakai di semua produk berikutnya. Namun, untuk BlackBerry yang sudah beredar di pasaran saat ini, Webkit tersebut mungkin tidak bisa digunakan.
Author: WAH

Sumber: kompas.com
Link: http://tekno.kompas.com/read/xml/2010/04/27/04534118/RIM.BlackBerry.OS.6.Dirilis.Kuartal.3

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *