Saya pengguna Garmin eTrex Vista HCx (sudah lebih dari 1 tahun), berikut review saya mengenai Garmin Vista HCx.

Harga
… (tidak bisa beri komentar, tapi menurut saya terlalu mahal)

Penggunaan
Garmin Vista HCx bagi saya lebih nyaman digunakan untuk bersepeda atau jalan kaki, Garmin vista HCx karena bentuknya kecil mudah disimpan dalam kantong, tahan air. Apabila digunakan untuk navigasi menggunakan mobil lebih disarankan menggunakan Garmin Nuvi karena layar pada Garmin Vista terlalu kecil untuk dilihat, selain itu tombolnya susah dioperasikan saat mengemudikan kendaraan. Kalau masih nekat mau pakai Garmin Vista HCx, bawa navigator untuk membaca GPS-nya.

Navigasi
Dari sisi dukungan peta, garmin memang paling maju (apalagi dengan adanya peta navnet) dibanding Mio (sejenis revo, supra, vario :)). Garmin Vista HCx sudah mendukung routing sehingga dapat membantu menunjukkan jalan supaya tidak tersesat. Walaupun peta masih ada kekurangan sehingga masih bikin tersesat, sampai pernah ditilang gara gara salah ambil jalur. Garmin Vista juga dapat dicolok ke komputer sehingga bisa dipakai navigasi dengan software (lagi lagi dari mbah garmin) NRoute (sst.. Garmin Mobile PC juga bisa… dengan tambahan GPS gate dari oom franson), tapi untuk navigasi sehari-hari, ini tidak praktis kalau bawa bawa laptop di mobil, bisa bisa didatangi kapak merah deh..)

Catu Daya
Garmin vista HCx menggunakan baterai AA yang mudah dibeli di pinggir jalan. Saya memebeli 2 pasang baterai sanyo eneloop rechargeable, sehingga apabila habis saya tinggal charge (di mobil saya juga sediakan inverter DC to AC 350 Watt, sehingga bisa charge batterai di perjalanan jauh). Baterai bisa bertahan 1 hari-an bernavigasi di mobil, lumayanlah dibanding kalau kita bernavigasi dengan Nokia cs, baru 3 jam udah ko-it.

Sinyal
Sepanjang saya pakai, garmin vista HCx paling kuat menangkap sinyal GPS (dibandingkan 76 CSx, Nuvi, GPS built ini Nokia N82, 5800 atau E90 tanpa A-GPS). Di bawah pohon sinyal masih ok, di dalam rumah juga masih ada sinyalnya, tapi begitu sampai di dalam basement …. klap…

Kompas dan Barometer
Yup, garmin Vista HCx ada kompas internalnya, sehingga bila mau mengetahu arah bisa menggunakan kompas elektronik-nya. Barometer juga terdapat di dalam garmin Vista HCx, fitur ini yang menjadikan pembeda dengan Nuvi!… ayo pilih voice guidance/layar lebar atau kompas/barometer… (sayang tidak ada thermometer-nya sekalian ya.. tapi kalau saat power on pencet tombol kursor ke dalam keluar nilai temperatur dari satelit…)

Fitur Lainnya
Garmin Vista HCx bisa diisi dengan Micro SC Card, sehingga bila beli Peta dari jasamarine, bisa langsung colok dan bisa buat menyimpan tracklog, POI, dll, tapi sayangnya Garmin Vista HCx tidak ada voice-nya (eits.. siapa bilang tidak ada voice, buktinya vista bisa ngomong jorok seperti tit tit tit tit), juga tidak usah mengharap bisa memainkan MP3 seperti di Nuvi (yg mahal). Ada ramalan berburu dan fishing dari oom garmin, ada game-nya (kayaknya tidak penting banget fitur yang satu ini), bisa buat geocaching? Bisa lihat simulasi Sun dan Moon, stopwatch… kalkulator!!!, trip computer, proximity alarm, modus highway, menyimpan rute.

Kelemahan
Satu yang membuat saya kecewa dengan produk ini, karet pinggirannya mudah lepas sehingga fungsi waterproof-nya hilang. Hal lainnya (tapi tidak major, adalah tombolnya tidak nyaman sekali, apalagi kalau setiap nyala-in GPS selalu backlight-nya mati, jadi harus dipencet lagi supaya nyala (sungguh sangat tidak nyaman apabila digunakan saat night driving).

Rekomendasi?
Bagi yang suka bertualang outdoor, bersepeda, walk, Garmin etrex Vista HCx memang lebih cocok dibanding Nuvi, tapi anda harus bersiap memperbaiki karet sampingnya setelah umur GPS anda 1 tahun (menurut saya ini adalah cacat produk yang harus di-improve oleh pihak garmin), kalau anda menggunakan navigasi dengan mobil, pikirkan Nuvi 2xx sebagai alternatif-nya. Ayo pilih voice guidance/layar lebar atau kompas/barometer…

Facebook Comments

3 thoughts on “Garmin etrex Vista HCx

  • Guh

    Salam kenal Boss, blog wordpress.com ternyata udah ditinggal ya.

    Mau tanya, dimana bisa benerin karet Vista HCx ini, punya saya dah melar dan lem nya lepas.

    Atau ada tipsnya untuk benerin sendiri?

    Terimakasih.

    Reply
    • admin

      Bawa ke Jasamarine di Jalan Malaka bila masih garansi.
      Kalau garansi sudah habis bisa dibetulkan sendiri caranya (tips dari mas andri_s2w001 dari id-gps):
      tapi saat ini sudah oke langkah nya:
      1. Lepas karet pelindung gps dari body gps copot pelan pelan agar tidak menambah kendur karetnya.
      2. Besihkan sisa lem di body dan karet dengan minyak kayu putih, hati-hati saat membersihkan sisa lem pada karet supaya tidak menambah kendur.
      3. Cuci karet dan body dengan sabun cuci piring (sunlight) supaya kesat.
      4. Olesi dengan Sealant kaca mobil warna hitam dengan rata, tapi bagian tombol jangan diolesi sealant.
      5. Tempel karet pada posisi semula.
      6. Bersihkan sisa lem
      7. Tekan-tekan tombol GPS supaya lem tidak menganggu kinerja dari tombol
      8. Balut bagian karet yang masih kendur dengan kaos kaki panjang dan tebal saat lem belum mengeras.
      9. Ikat kaos kaki dengan karet gelang.
      10 Simpan selama 5 jam.
      11. Bersihkan lagi sisa lem.

      Bila masih kendur bongkar lagi dan ulangi langkah 1-11
      Bila masih belum bisa juga, bawa ke Jasamarine untuk diperbaiki

      Risiko ditanggung sendiri :)

      Reply
  • iwan

    saya sangat suka banget gaya bahasanya… cool man

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *