Blackberry pada dasarnya dijual secara bundling dengan operator, beberapa operator menawarkan harga Blackberry berikut paket layanan secara kontrak, sehingga konsumen bisa mendapatkan harga “awal” Blackberry yang cukup “murah”, dengan catatan harus menggunakan jasa blackberry dari operator tersebut (minimal) selama kontrak. Untuk memproteksi supaya pengguna Blackberry tidak “selingkuh” ke operator lain, maka RIM menyediakan feature untuk me-lock jaringan supaya Blackberry tidak dapat digunakan oleh operator lain.
Sayangnya, beberapa operator menjual Blackberry “tanpa kontrak” yang di-“locked”, hal ini tentu membuat konsumen tidak bisa bebas memilih layanan dari operator yang diinginkan. Saat ini di pasaran dijual Blackberry yang “locked” maupun yang “unlocked”. Tentunya supaya Blackberry yang kita miliki dapat bebas menggunakan layanan operator yang kita inginkan, pada saat membeli dapat diperiksa dahulu apakah Blackberry yang akan kita beli dalam kondisi “locked” atau “unlocked”

Berikut petunjuk untuk melihat apakah Blackberry “unlocked” atau “locked”:

  1. Ke Options -> Advanced Options -> Sim Card.
  2. Ketik MEPD (pada suretype ketik MEPPD)
  3. Akan terlihat Network status, if the status is “Inactive” atau “Disabled”, Selamat !, artinya blackberry dapat digunakan untuk operator lainnya.
Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *