Plantar fasciitis is a painful inflammatory condition of the foot. It has been reported plantar fasciitis occurs in two million Americans a year and 10% of the population over a lifetime.[1] It is commonly associated with long periods of work-related weight bearing. Among non-athletic populations, it is associated with a high body mass index(obesity).[2] The pain is usually felt on the underside of the heel, often most intense with the first steps of the day. Another symptom is that the sufferer has difficulty bending his foot so that the toes are brought toward the shin (decreased dorsiflexion of the ankle). (from Wikipedia.org)

Masalah :

Dokter, saya seorang wanita berusia 26 tahun, berat badan agak berlebih dan mempunyai kebiasaan jalan cepat-cepat. Saya mempunyai keluhan nyeri pada telapak kaki kanan saya saat menapak lantai. Nyeri dirasakan pada daerah dibawah tumit, rasanya seperti ada duri yang menusuk-nusuk, hal ini terutama dirasakan pada pagi hari saat bangun tidur saat menginjak lantai. Nyeri juga dirasakan jika terlalu banyak berdiri dan berjalan kaki. Saya telah berobat ke dokter dan diberikan obat minum tapi belum banyak membantu, karena keluhan masih sering timbul. Apakah yang dapat saya lakukan untuk mengurangi keluhan pada tumit kaki kanan saya tersebut? Mohon saran Dokter. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas penjelasannya.

Mu, Pontianak

Jawaban :

YTH Sdri Mu di Pontianak. Terima kasih atas pertanyaannya.

Mengenai penyakit yang Saudari derita kemungkinan adalah suatu Fasciitis Plantaris, dalam hal ini Fasciitis Plantaris kaki sebelah kanan.

Fasciitis Plantaris adalah suatu penyakit akibat radang pada jaringan lunak yang terdapat dibawah tulang-tulang kaki di daerah telapak kaki. Radang ini dapat terjadi akibat adanya iritasi kronis dan dalam jangka waktu lama terhadap jaringan telapak kaki tersebut.

Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya Fasciitis Plantaris adalah sebagai berikut:

– Pergerakkan kaki yang cepat dan berlebihan (banyak berjalan, berlari, jalan tergesa-gesa).

– Sepatu yang tidak cocok dan tidak nyaman digunakan.

– Berat badan yang berlebihan.

– Kelainan pada telapak kaki seperti terjadinya perkapuran pada tulang tumit atau telapak kaki yang rata/ flat foot (dimana tidak terdapatnya lekukan pada bagian sebelah dalam telapak kaki).

Untuk memastikan adanya perkapuran pada tulang tumit dapat dilakukan foto roentgen pada kaki, akan tampak ‘calcaneus spur’.

Penatalaksanaan Fasciitis Plantaris adalah:

1. Hilangkan faktor-faktor penyebab:

– Jika berat badan berlebih, berusaha melakukan diet yang baik dan seimbang disertai olahraga secara teratur.

– Hilangi kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa, berjalanlah dengan santai, rileks dan dengan langkah yang seimbang.

– Saat hendak membeli sepatu atau sandal biasakan selalu dicoba terlebih dahulu agar sepatu/ sandal tersebut terasa nyaman dan enak saat dipakai, selain model yang up to date tentunya.

2. Fisioterapi:

– Untuk mengurangi proses radang dan nyeri dapat diberikan diatermi berupa SWD ataupun USD pada telapak kaki tersebut.

3. Sepatu koreksi:

– Pemberian ‘Heel Cap’ pada daerah tumit untuk kasus perkapuran pada tulang tumit.

– Pemberian ‘Medial Weidge’ untuk kasus kaki rata/ flat foot.

4. Advis:

– Kontras Bath (dengan merendam kaki pada air hangat dan dingin secara bergantian) dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur.

– Biasakan tidak telanjang kaki dan selalu memakai sandal dengan sol/ alas yang lunak atau berbahan karet lembut.

– Saat bangun tidur pagi biasakan mengosok-gosokkan kedua telapak kaki sehingga terasa hangat terlebih dahulu baru kemudian menginjakkan kaki ke lantai.

– Jika berjalan jauh diusahakan agar beristirahat sejenak, jangan dipaksakan untuk berjalan terus jika kaki sudah letih dan timbul rasa sakit.

Demikian yang dapat Kami jelaskan secara singkat tentang nyeri pada telapak kaki akibat fasciitis plantaris dan penatalaksanaannya, semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan pembaca sekalian. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi Kami.

dr.Jonaidi Teramihardja SpRM

Sumber : Pontianak Post

Facebook Comments

One thought to “Plantar Fasciitis”

  • Cordell Tocher

    “,” I am very thankful to this topic because it really gives useful information ~;:

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *