Menggunakan Windows 8 pada Mac Book Pro melalui bootcamp karena harus menggunakan software yang hanya dapat jalan di Windows. Salah satu hal yang hilang adalah natural scroll pada trackpad, penggunaan trackpad terasa aneh bagi pengguna yang terbiasa menggunakan OS X. Sayangnya sampai saat artikel ini ditulis (Boot Camp 5.1) Apple belum menyediakan pilihan untuk mengganti arah scroll pada trackpad menjadi natural scroll. Untuk menggeser halaman ke atas, pengguna harus melakukan scroll ke bawah menggunakan 2 jari, sangat mengganggu bagi banyak pengguna yang terbiasa menggunakan natural scroll.

Internet menyediakan banyak tawaran bermacam software baik yang gratis maupun berbayar untuk mengubah arah scroll menjadi natural scroll. Saya lebih suka tidak banyak menambahkan software ke Windows 8 yang hanya dipakai pada kondisi terpaksa saja. Alternatifnya adalah melakukan modifikasi pada regedit Windows. Dengan melakukan pengubahan value FlipFlopHScroll dan FlipFlopWheel dari value 0 menjadi 1.
Key FlipFlopHScroll dan FlipFlopWheel dapat dicari di dalam Device Parameters Apple Multitouch.

Langkah pertama adalah mencari tahu hardware ID dari Apple Multitouch. Buka device manager dengan mengetikkan device manager pada tampilan awal, atau tekan command + w apabila pada desktop Windows 8. Cari Human Interfaces Devices lalu lihat properties Apple Multitouch. Pada tab details, cari Hardware IDS. Catat Hardware ID yang berawalan VID. Misalkan tercatat VID_05AC&PID_0252&MI_01.

Selanjutnya buka regedit dengan cara mengetikkan regedit.exe lalu enter, jawab Yes untuk melanjutkan.
Pada regedit, buka HKEY_LOCAL_MACHINE lalu folder SYSTEM kemudian CurrentControlSet, cari Folder Enum, dan terakhir masuk ke folder HID. Cari item yang berawalan VID dan sesuai dengan hardware ID Apple Multitouch. Buka satu persatu beberapa folder yang sesuai dengan Hardware ID Apple Multitouch dan memiliki key FlipFlopHScroll dan FlipFlopWheel di dalam device parameters. Apabila ditemukan, ubah value datanya dari 0 menjadi 1. Restart Windows (command + I, Power, Restart).

Setelah restart mungkin harus dilakukan modifikasi supaya scrolling menjadi “mirip” seperti pada OSX dengan cara mengubah setting mouse wheel dari default 3 menjadi 1. Cari dalam setting (ketik command + W) lalu ketik change mouse wheel settings tekan enter. Pada tab Wheel, ubah nilai Vertical scrolling dan Horisontal scrolling dari 3 menjadi 1.

Facebook Comments

2 thoughts to “Natural Scrolling pada Windows 8

  • korban pt millenium penata futures

    Pak yohan sy mau sharing,klu bpk tdk keberatan mohon no tlfx? Sy akan hub bpk. Mksi

    Reply
  • yenny

    Pak Yohan, sy mau hubgi anda utk pembuatan program link , bs mnta no tlpn?thx

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *