• Home
  • Genetik
  • Google
  • Links
  • About
  • Hati-Hati Berinvestasi pada Futures

    Feb. 26, 2009

    Hati-hati dalam melakukan investasi, terutama investasi pada Futures (menurut saya, futures bukan lagi investasi melainkan trading, judul ini tepatnya adalah hati-hati trading dengan futures), karena investasi ini berisiko tinggi, banyak pengalaman pahit teman-teman saya sehubungan dengan investasi Futures. Futures di Indonesia dikenal sebagai kontrak berjangka. Aset dasar Futures dapat berupa komoditas dan aset keuangan.

    Supaya mendapatkan gambaran kasar mengenai Futures, bayangkan tiket pertandingan bola untuk besok sebagai suatu aset atau komoditi. Tiket hanya akan diperjualbelikan pada tanggal pertandingan dengan harga resmi loket Rp 50.000, sehingga saat ini anda belum dapat membelinya. Seorang calo meyakinkan anda bahwa dia dapat membeli tiket pertandingan dan dapat menjual pada anda seharga Rp 80.000 sekarang. Karena anda yakin bahwa harga tiket diluar loket akan naik lebih dari Rp 80.000, dan anda berpikir bisa mendapatkan keuntungan apabila membeli tiket ini, maka anda membeli tiket tersebut pada harga Rp 80.000 dari calo tersebut, walaupun anda tidak menyukai pertandingan bola  dan anda tidak akan menggunakan tiket tersebut untuk menonton. Sebagai tanda jadi beli anda menyetor Rp 30.000 kepada sang calo. Sang calo juga berkata apabila anda tidak ingin menggunakan tiket untuk menonton, maka dia bersedia menjualkan tiket diluar loket sesuai dengan harga pasar. Sang calo juga berkata kepada anda bahwa anda dapat membatalkan pembelian tiket tersebut.

    Esok harinya ternyata penjualan tiket sangat laku, dalam sebentar saja loket sudah ditutup sedangkan banyak orang yang ingin menonton pertandingan tidak mendapatkan tiket. Di sini anda mendengar bahwa di luar loket, tiket dapat dijual sebesar Rp 150.000. Anda segera menghubungi sang calo untuk segera menjual tiket tersebut. Anda menerima uang penjualan tiket sebesar Rp 100.000 setelah dipotong Rp50.000 (apabila tidak ada potongan komisi lagi). Anda dapat meraih keuntungan sebesar Rp 70.000 dari modal sebesar Rp30.000 dalam satu hari, dahsyat bukan?

    Sampai di sini anda biasanya sudah paham dan segera tertarik untuk melakukan spekulasi. Tunggu dulu, bagaimana kalau skenarionya berubah? Bayangkan bila esok hari ternyata hujan. Hari itu tidak banyak tiket yang dibeli. Anda menelpon ke sang calo dan berkata anda tidak jadi membeli. Semua uang yang telah disetor tidak bisa kembali lagi. Akan tetapi semua berpulang kepada anda. Setiap orang memiliki rejeki masing-masing. Setiap investasi dan spekulasi ada risikonya, yang penting anda tahu dan mau mengambil risiko tersebut.

    Futures mirip dengan forward (perjanjian/kontrak untuk membeli sebuah asset (dapat berupa saham atau komoditi) di masa yang akan datang dengan harga yang disepakati) tetapi ada beberapa fitur yang diformalisasi dan karakteristik yang distandarisasi. Beberapa perbedaan-nya

    1. Diperjual-belikan di pasar sekunder yang terorganisasi.
    2. Marked to market, rekening investor dihitung untung atau ruginya secara harian
    3. Ketentuan kontrak pada future (kontrak berjangka) terstandarisasi, sedangkan kontrak forward tidak karena hanya merupakan persetujuan pribadi antar 2 lembaga keuangan atau lembaga keuangan dan nasabahnya.

    Dalam kontrak futures, bursa harus mengatur:

    1. Aset

    2. Ukuran kontrak

    3. Tempat/lokasi penyerahan

    4. Waktu penyerahan.

    Jika dua investor secara langsung dan menyetujui untuk memperdagangkan suatu aset dengan harga tertentu yang penyerahannya akan dilakukan di masa mendatang, ada risiko yang ditanggung. Pihak yang beruntung akan berusaha mempertahankan persetujuan tersebut, sedangkan yang merugi ada kemungkinan akan berusaha menghindarinya. Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan margin. Investor akan membuka Rekening margin untuk dapat melakukan perdagangan berjangka.

    Pada setiap penutupan hari perdagangan, berdasarkan penyesuaian terhadap nilai pasar, ada kemungkinan harga futures naik / turun, sehingga saldo rekening margin dapat melebihi/kurang dari margin awal. Pada akhir setiap hari perdagangan, keuntungan (kerugian) ditambahkan pada (dikurangkan dari) rekening margin, yang membawa nilai kontrak kembali ke nol

    Long position -> setuju utk membeli

    Short position -> setuju utk menjual

    Profit yang didapat pada jatuh tempo

    • Long -> Spot – harga futures asli
    • Short -> Harga asli futures – spot

     

    1. Profit pada Pembeli Futures (Bodie)

     

    2. Profit pada Penjual Futures (Bodie)

     

    Strategi Trading pada Futures

    • Spekulasi
      • Short apabila percaya bahwa harga akan turun
      • Long apabila percaya bahwa harga akan naik
    • Hedging
      • Long Hedge untuk melindungi terhadap kenaikan harga
      • Short Hedge untuk melindungi terhadap penurunan harga

    Basis adalah perbedaan antara harga futures dan harga, seiring dengan waktu, basis akan berubah dan semakin konvergen

    Basis Risk adalah variasi pada basis yang mengakibatkan performance profit dan atau hedging

     

    Lampiran:

    Berikut ini adalah informasi yang diambil dari Forum Kaskus. Silakan dibaca supaya lebih berhati-hati dalam berinvestasi terutama berinvestasi pada kontrak berjangka (Futures).
    Show ▼

    Link yg berguna:

    Show ▼

    DAFTAR ALAMAT PERUSAHAAN FUTURES DI INDONESIA

    Show ▼

    Tambahan informasi dari bro disful, perusahaan dibawah ini bermasalah dan terbukti menipu melalui iklan lowongan kerja:

    Show ▼

    Sumber: http://www.kaskus.us, http://discountfuturestrading.blogspot.com, http://en.wikipedia.org



    66 Comments for this entry

    • cindy

      mas………tidak semua berinvestasi emas itu merugi…kakak saya investasi sekarang sangat berhasil………….klau mau invest ingat mas jangan terlalu BUY and SELL nya jgn berani klau udh punya account…pikirkan floatingnya ……..dan mas mesti lht perusahaan mana aja yang di jamin oleh KBI….banyak perusahaan pialang tapi tidak smua perusahaan di jamin pemerintah………..dalam investasi ini ada yang pro dan kontrak……..karena tidak smua perusahaan pialang ada personal assisten tersendiri…………banyak invesment yang melakukan transaksi tersendiri… padahal personal asssisten siap membantu invesment……..masalah komplain lamaran kerja………..bila kita ga mau yah udh ga usah lakukan…….knp kita hrs ikut trainingnya klau memang kita tdk suka akan kerjaanya……

    • eko santoso

      salam kenal,

      saya mohon ijin copas, sebelumnya terima kasih infonya..

      sangat membantu

    • bondet forex

      yang bikin statment diatas orang yang tahu masalah Forex, Index ataupun Komoditi jadi cuma bicara asal dangan gambaran yang gak jelas sama sekali…..atau mungkin dia adalah broker yang gagal…wkwkwkw

    • Boneng

      Grafiknya gak jelas tuh?????
      Grafik Futures mana ada rata2 kayak gitu garisnya
      kalau ada yang rata2 kayak gitu udah bangkrut sekampung bang
      Gak sesuai dengan keadaan di lapangan grafiknya

    • Rudi

      @bang Boneng – Bukan sekampung lagi yang bangkrut bang, malah sepuluh kampung sudah pada bangkrut main futures….

    • angsa

      Sory bro, untung dan rugi dalam transaksi futures tergantung dari keahlian dan skill yang dimiliki oleh masing2 trader.

      kalo yang punya skill dan ilmunya pasti profit, kalo yang ga punya keahlian ya jangan harap untung.

      gini aja deh, gw kasi contoh. kalo lu punya ilmu kedokteran tapi lu buka usaha bengkel ya jelas ga nyambung…..

      jadi bukan bisnisnya yang salah tapi ilmu trading anda yang ga ada alias bodoh tapi sok pintar

    • bintang

      begini ni orang yang iri akan keberhasilan orang , selalu ingin menjaatuhkan , di setiap bisnis pasti ada resiko , klo gak mau resiko mending jd karyawan 08 – 17 . aman . dan gak semua perusahaan pialang bejat , banyak perusahaan pialang yang hanya memfasilitasi nasabah nya untuk melakukan perdagangan berjangka tanpa bantuan trader , nasabah pun di edukasi untuk bisa menjalankan transaksinya , makanya main future jgn ngandelin mimpi apa smalem , kan ada analisa fundamental sama teknikal yang bisa di terapin . nyatanya banyak orang yang profit dari bisnis ini .

    • puki

      di indonesia, futures itu semua tipu2. harusnya tuh perjanjian transaksi di masa depan dgn berbagai ketentuan. jika udah hari-H, penjual menyerahkan barang dan pembeli menyerahkan uang.

      tapi sayang futures di indo congtipo semua, harusnya seperti itu tapi praktiknya jadi jual beli tok. beli dolar kok ga ada fisiknya, kena biaya harian pula kalau abis kita beli gak dijual.

      mestinya kalo kita butuh dolar x-hari kedepan, beli futures skrg, nanti bisa dpt dolar di hari yg ditentukan

    • puki

      @boneng bang ente ga bisa baca grafik kah? yg ente maksud adalah grafik harga makanya beda dgn di lapangan. yg dipajang bung penulis adalah grafik profit

    • trade

      ga seperti itu kejadiannya,, kejadian yg benar itu adalah ada banyaknya orang di indonesia ini yang sok tahu,,, belum dipelajari,,, belum di mengerti tp sudah berkata tahu, pintar, dan sok MENGERTI!!!,,, kondisi SDM diindo seperti itu,, makanya banyak yg RUGI,, belum belajar sampai ngelotok tp sudah lgs terjun didunia investasi,, klo mau belajar dlu sampai ngelotok baru TERJUN ke TKP!!! sini tak ajari trade yg benar,,, hehehehe,,,

    • Suryo

      Sorry All
      Investasi menyangkut mengenai resiko.
      yang namanya usaha selalu ada resiko. hidup saja beresiko kok.
      hanya… ketika anda bisa mengenadalikan, memahami resiko diusaha anda sendiri
      anda akan langgeng jalaninya.
      sama hal nya spt Invest trading.
      Trading lebih baik di lakukan sendiri (di jalankan sendiri).
      banyak orang2 yg mengalami rugi karena bodoh memberikan begitu saja tanpa mau tahu resiko.
      saya adalah trader yg mengcoaching bbrp Investor
      secara personal. dari tidak tahu menjadi tahu.
      apakah anda masih ingin mengulangi kebodohan dengan memberikan trading kpd orang lain?
      You can be winner.
      mari save dan grow your money with my education My Coaching.

    • YAYAT

      bung yohan mohon infonya, kalau MT4 bisa ngak di akali sama peusahaan pialang supaya nasabah selalu rugi besar kalaupun untung sedikit ? soalnya saya sudah coba berkali kali dengan berbagai cara tapi untungnya sedikit tapi kalau rugi lebih besar, jadinya rugi terus…

    • apri

      pola perdagangan makin berkembang maju.bangsa ini mesti adaptif dengan segala perkembangan dunia perdagangan agar tidak tertinggal.disini pentingnya kita belajar agar tidak rugi melulu.dunia trading memang sangat menantang,,kompleks dan rumit.tapi tidak berarti tidak bisa dipelajari.sy kira sistem perdagangan berjangka bisa menjadi satu peluang bagi pencari kerja terdidik bangsa ini bila serius menekuninya

    • ardhi

      setuju mas bro….yg suka banyak rugi itu yg ga bisa trading tp maksain diri….

    Leave a Reply

    or Login with Facebook