• Home
  • Genetik
  • Google
  • Links
  • About
  • Engineering

    Skala Richter

    Apr. 11, 2012

    Gempa bumi adalah getaran di tanah yang disebabkan oleh gerakan permukaan bumi. Gempa bumi yang kuat dapat menyebabkan kerusakan besar bagi gedung, jembatan dan bangunan lain, termasuk korban nyawa. Permukaan bumi terbentuk dari lapisan batuan paling luar yang disebut kerak bumi. Kerak bumi yang pecah membentuk potongan-potongan besar yang saling berpasangan, seperti kepingan puzzle yang besar. Potongan-potongan ini disebut lempeng. Lempeng ini bergerak perlahan dan mendesak bebatuan. Akibatnya, tekanan bertambah besar. Jika tekanan semakin besar, bebatuan bawah tanah akan pecah dan terangkat. Pelepasan tekanan ini merambatkan getaran yang menyebabkan gempa bumi.

    Ilmuan yang mengkhususkan diri untuk mempelajari gempa disebut seismolog. Mereka menggunakan alat pengukur yang disebut seismograf atau seismometer. Alat itu digunakan untuk mencatat pola gelombang seismik dengan memperhitungkan kekuatan sekaligus lamanya gempa. Pencatatannya dilakukan beberapa tempat yang berbeda, sehingga pusat gempa dan episentrumnya bisa diketahui secara tepat.

    Untuk mengukur gempa terbesar, para seismolog juga menggunakan skala getaran gempa. Skala ini didasarkan pada ukuran patahan yang tercatat, jumlah gerakan dipermukaan, dan lamanya gempa bumi. Angka tertinggi yang dihasilkan kurang lebih sama dengan skala Richter yang berkekuatan sampai tingkat ke-7. Angka tertinggi yang pernah tercatat oleh skala ini adalah 9.5 untuk gempa bumi yang menyebabkan meletusnya gunung berapi tahun 1960 di pantai Chili. Bencana ini telah menewaskan 5.700 penduduk. Sedangkan menurut skala Richter. Getarannya berkekuatan 8,3.

    Pada tahun 1935, ahli seismologi Amerika, Charles F. Richter (1900 – 1985) mengembangkan sistem pengukuran kekutan gempa. Setiap angka pada skala Richter menggambarkan 10 kali peningkatan gerakan tanah yang tercatat oleh seimograf. Jadi pada gempa bumi dengan kekuatan 7, tanah bergerak 100 kali lebih banyak dari pada gempa berkekuatan 5 pada skala Richter.

    DR. Richter mengintroduce suatu skala yang dikenal dengan skala Richter. Menurutnya didefinisikan bahwa :

    Magnitude adalah logaritma dari amplitudo (simpangan) maksimum dalam micron yang tercatat pada 100 km dari epysentrum dengan alat pencatat standard Wood-Anderson, dimana alat ini mempunyai priode bebas 0.8 detik dan pembesaran 2800 kali serta factor redaman 0.8”.

    Skala Richter atau SR didefinisikan sebagai logaritma (basis 10) dari amplitudo maksimum, yang diukur dalam satuan mikrometer, dari rekaman gempa oleh instrumen pengukur gempa (seismometer) Wood-Anderson, pada jarak 100 km dari pusat gempanya. Sebagai contoh, misalnya kita mempunyai rekaman gempa bumi (seismogram) dari seismometer yang terpasang sejauh 100 km dari pusat gempanya, amplitudo maksimumnya sebesar 1 mm, maka kekuatan gempa tersebut adalah log (10 pangkat 3 mikrometer) sama dengan 3,0 skala Richter. Skala ini diusulkan oleh fisikawan Charles Richter.

    Untuk memudahkan orang dalam menentukan skala Richter ini, tanpa melakukan perhitungan matematis yang rumit, dibuatlah tabel sederhana seperti gambar di samping ini. Parameter yang harus diketahui adalah amplitudo maksimum yang terekam oleh seismometer (dalam milimeter) dan beda waktu tempuh antara gelombang-P dan gelombang-S (dalam detik) atau jarak antara seismometer dengan pusat gempa (dalam kilometer). Dalam gambar di samping ini dicontohkan sebuah seismogram mempunyai amplitudo maksimum sebesar 23 milimeter dan selisih antara gelombang P dan gelombang S adalah 24 detik maka dengan menarik garis dari titik 24 dt di sebelah kiri ke titik 23 mm di sebelah kanan maka garis tersebut akan memotong skala 5,0. Jadi skala gempa tersebut sebesar 5,0 skala Richter.
    Skala Richter pada mulanya hanya dibuat untuk gempa-gempa yang terjadi di daerah Kalifornia Selatan saja. Namun dalam perkembangannya skala ini banyak diadopsi untuk gempa-gempa yang terjadi di tempat lainnya.
    Skala Richter ini hanya cocok dipakai untuk gempa-gempa dekat dengan magnitudo gempa di bawah 6,0. Di atas magnitudo itu, perhitungan dengan teknik Richter ini menjadi tidak representatif lagi.
    Perlu diingat bahwa perhitungan magnitudo gempa tidak hanya memakai teknik Richter seperti ini. Kadang-kadang terjadi kesalahpahaman dalam pemberitaan di media tentang magnitudo gempa ini karena metode yang dipakai kadang tidak disebutkan dalam pemberitaan di media, sehingga bisa jadi antara instansi yang satu dengan instansi yang lainnya mengeluarkan besar magnitudo yang tidak sama.

     

    Skala Richter Efek gempa
    < 2.0 Gempa kecil , tidak terasa
    2.0-2.9 Tidak terasa, namun terekam oleh alat
    3.0-3.9 Seringkali terasa, namun jarang menimbulkan kerusakan
    4.0-4.9 Dapat diketahui dari bergetarnya perabot dalam ruangan, suara gaduh bergetar. Kerusakan tidak terlalu signifikan.
    5.0-5.9 Dapat menyebabkan kerusakan besar pada bangunan pada area yang kecil. Umumya kerusakan kecil pada bangunan yang didesain dengan baik
    6.0-6.9 Dapat merusak area hingga jarak sekitar 160 km
    7.0-7.9 Dapat menyebabkan kerusakan serius dalam area lebih luas
    8.0-8.9 Dapat menyebabkan kerusakan serius hingga dalam area ratusan mil
    9.0-9.9 Menghancurkan area ribuan mil
    10.0-10.9 Terasa dan dapat menghancurkan sebuah benua
    11.0-11.9 Dapat terasa di separuh sisi bumi. Biasanya hanya terjadi akibat tumbukan meteorit raksasa. Biasanya disertai dengan gemuruh. Contohnya tumbukan meteorit di teluk Chesepeak.
    12.0-12.9 Bisa terasa di seluruh dunia. Hanya terekam sekali, saat tumbukan meteorit di semenanjung Yucatan, 65 juta tahun yang lalu yang membentuk kawah Chicxulub
    > 13.0 Belum pernah terekam

     

     


    Sumber: wikipedia, SISTEM PENGUKURAN KEKUATAN GEMPA oleh Rony Ardiansyah




    Air-Propelled Bike

    Jan. 06, 2010

    In one TV programme I saw an air compressed driven motor to propel a bike. This technology offers new alternative cleaner energy for transportation. It’s was Jem who has Big Idea…An Air-Propelled Bike.

    Eco-Engineers Dick Strawbridge And Jem Stansfield Aim To Fulfil A Dream. But First They Must Test The Potential Danger Of Compressed Gas So They Build A Contraption From A Pair Of Giant Bolt Cutters.

    Jem Stansfield Eco-Engineer Puts A “Rocket Up His Bottom” In The Form Of An Air-Powered Bike. All In The Aid Of Science.

    airbike

    On above picture, Jem took carbon-fiber air tanks that are usually used by firefighters as part of their breathing equipment and connected them to two rotary air engines that drive the rear wheel. One of the benefits of using compressed air over batteries is that you can recharge in a few seconds. Of course, the compressor works on electricity, so that’s not always a clean power source. But even if your local utility uses coal, if you recharge at night or off peak, chances are you are using power that would be wasted otherwise because coal power plants take too long to shut down and restart, so they are often kept producing at night. But it is with a clean electricity source for the compressor that the air-powered motorcycle becomes a truly green ride. (www.treehugger.com)

    jem

    Specifications for Jem’s Air-Powered Motorcycle
    Top speed is 18 mph (29 kph), range is 7 miles (11.2 kilometers) between compressed air fill ups.

    I wonder, when will air-propelled bike being mass produced.

    Reference:
    Air Propelled Bike
    Planet Mechanics
    Air-Powered Motorcycle DIY Moped




    IMB

    Aug. 04, 2008

    Info mengenai IMB

    Tarif Calo IMB (Izin Mendirikan Bangunan) Kabupaten Tangerang
    Februari 14, 2007 — priandoyo

    Kabupaten Tangerang adalah salah satu protret kabupaten kita yang ‘bermasalah’. Ambil contoh proses pembuatan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang berada dalam pengawasan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Dinas PU). Bila anda ingin membuat IMB, maka yang perlu anda lakukan adalah

    1. Menelpon Dinas PU (599.3404 atau 599.3374)
    Telepon dinas PU ini terpampang di Baliho seputaran kota, mengingatkan warganya untuk menaati kewajiban memiliki IMB. Dan bila anda menelpon maka anda akan menjumpai para oknum yang modus operandinya sama, ketika anda menelpon ke Dinas PU tersebut maka sang penerima telpon akan menyuruh anda untuk mencatat nomor HP-nya dan melanjutkan segala proses negoisasi secara personal

    A: Selamat siang dengan dinas PU
    O: Ya betul, ada keperluan apa
    A: Saya mau mengurus IMB pak, untuk renovasi rumah
    O: Oh itu bisa dengan saya, coba bapak catat HP saya dulu ya 0819.327.10068, bapak sudah tau persyaratannya
    A: Ya, maaf saya dengan siapa ya
    O: Saya Drs Ferry Ahmad (mengucapkan Drs dengan lambat-lambat..dokterandus, seakan menekan penelponnya. Hari gene pake dokterandus please deh)

    Itu masih mending, ada yang lebih parah
    A: Selamat siang dengan dinas PU
    O: Betul, mau urus IMB ya? dengan saya juga bisa
    A: Berapa biayanya
    O: permeter penambahan Sembilan puluh Delapan puluh ribu
    A: Maksud bapak berapa 98.000 atau 980.000
    O: (agak terbata-bata) Sembilan puluh Delapan puluh ribu
    A: (MasyaAllah, oknum satu ini ternyata belum bisa mengeja angka dengan benar)
    Pak saya ulangi, maksud bapak berapa (dengan nada marah membentak)
    O: Ya segitu pak (kembali mengulang dengan terbata-bata, masih belajar nampaknya)
    A: (kesal) maksud bapak 980.000 kan
    Dodol kan, bagaimana PemKab bisa merekrut orang-orang seperti ini, yang seharusnya sekolah dasar lagi baru jadi pejabat publik.
    Kesimpulan: Anda akan sangat kesal bila menelpon dinas PU, teknik ini saya kerjakan bersama istri menjumpai 4-5 orang yang menawarkan tarif bervariasi. Kemudian anda akan berpikir untuk mengunjungi kantor PU-nya di Tiga Raksa

     

    2. Mengunjungi Dinas PU di Tigaraksa
    Kota Tiga Raksa adalah contoh bukti kedodolan PemKab Tangerang. Ibukota Kabupaten Tangerang ini bisa ditempuh dalam waktu 60-an menit lewat jalan umum dan 50-an menit lewat Tol dari Kota Tangerang. Bayangkan bila lokasi itu ditempuh dari Bintaro, Ciledug dan kantong-kantong pemukiman di pinggiran Jakarta. Sangat jauh sehingga banyak warganya yang protes, sangat tidak fasilitatif. Dan yang paling parah, tidak satupun pejabat UPPT (unit pelayanan perijinan terpadu), pejabat Dinas PU yang pada hari Selasa 14 Februari 2007 berada ditempat. Semuanya mangkir pak sejak pagi, komentar salah seorang staf, merokok, tidak simpatik.

    Ok, bila siang itu anda datang ke Dinas PU, maka anda akan menjumpai beberapa orang Sat.Pol PP yang akan segera mengarahkan anda untuk menuju oknum-oknum Dinas PU yang siap ‘membantu’ anda dalam pemprosesan IMB. Again, anda akan menjumpai proses yang hampir sama dengan tahapan lewat telpon seperti diatas. Sampai tiba-tiba anda yang saat itu hadir dengan pakaian formil membentak meminta kejelasan proses.

    Akhirnya anda ditunjukkan dengan UPPT (unit pelayanan perijinan terpadu) tempat yang seharusnya anda tuju bila mendarat di Dinas PU. Sama sekali tidak ada antrian, dan anda bisa langsung mengantri diloket.


    bla bla bla malas bercerita dialog yang terjadi

    Jreng-jreng-jreng, setelah perdebatan panjang akhirnya IMB yang harus dibayarkan adalah Rp 1.435.318, lama proses 1 bulan, padahal kalau lewat ‘oknum’ bisa 2.5 – 3.5 juta!

     

    Kesimpulan:
    1. Urus IMB sendiri jangan lewat oknum, kecuali penghasilan anda > 2 juta / hari

    2. Kalau anda terburu-buru butuh < 1 bulan -padahal menurut peraturan proses IMB hanya 12 hari-. Maka lebih baik anda maju lewat oknum. Tapi pilihlah oknum yang pintar, minimal dia bisa baca tulis dengan lancar. Cari petugas yang memang resmi. Semuanya bisa disuap asal biayanya cocok. Jangan terjebak petugas yang justru tangan kedua atau ketiga dari proses IMB, bisa jatuh sangat mahal.

    3. Selalu cek dan ricek, minta kejelasan dari semua proses IMB. Pakaian rapih, sok tau, kritis, ngeyel, ngotot sangat dianjurkan. Buat alumni UGM, bisa ngaku adik kelasnya Djoko Kirmanto (T.Sipil UGM 60-an, Menteri Pekerjaan Umum) atau Taufik Effendi (Kagama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara)

    Akhirnya seperti layaknya kekonyolan Pemerintah lain, cara pembayaran hanyalah lewat cash. Jangan mengharapkan ada ATM di kompleks Tiga Raksa, ATM terdekat di Cikupa. Anda hanya akan menjumpai ruang pejabat yang sepi, kambing-kambing disepanjang jalan, dan jangan lupa bawa kantong plastik karena lama-lama anda akan muntah melihat kenyataan pelayanan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

     

    sumber info dari :
    http://priandoyo.wordpress.com/2007/…ten-tangerang/

    teman2 bener gak sih yg ditulis di situs tsb ?
    ada yg bisa bantu utk pembuatan IMB ?




    Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)

    Jun. 18, 2008

    Pengalaman dari seorang kaskuser yang mau membuat PT untuk sebuah perusahaan konstruksi

    Emang bener gw awalnya rencananya mau buat cv bukan PT..
    Tapi setelah nanya ama beberapa sesepuh dan baca2 Gw pikir lebih baik buat PT aja langsung… Alasannya karena Gapensi dan lpjk menginstrusikan untuk pekerjaan konstruksi agar dikerjakan oleh perusahaan yang sudah berbadan hukum… bukan apa2 bro masalahnya agar kita pribadi atau pemilik nantinya ga keseret2 seandainya ada masalah.. jadi ga campur aduk antara pribadi dan perusahaan…. dan kayanya emang lebih meyakinkan klo kita pake PT untuk mencari proyek2 konstruksi..

    Emang pusing dan hampir putus asa untuk membangun PT ini… Gw mau share pengalaman gw ini…
    1. Pertama gw mikir nama yang keren bin mantab pertamanya sih PT KATARA SAKTI

    2. trus cari notaris buat akte… (ktp pendiri ama duit 7jtan) jadinya sebulanan.. Tapi untuk awal2nya lo udah dikasih akte pendirian ( blm berbadan hukum) untuk ngurus2 yg lainnya sambil nunggu akte yang berbadan hukum disahkan pengadilan n menteri.

    3. Agar aktenya bisa disahkan ama notaris gw perlu beri bukti setoran modal dasar min 50jt

    4. Untuk setoran modal dasar harus buka rekening dibank atas nama PT itu… hanya bisa rekening giro syarat buat rekening atas nama perusahaan… NPWP perusahaan, Akte pendirian sama ktp pendiri,
    ( ini yg sempet buat spaneng…. untuk pengesahan akte oleh menteri dan pengadilan perlu setoran modal dasar… sementara untuk setor modal dasar perlu buka rekening giro perusahaan dan harus ada akte yg TELAH disahkan oleh menteri dan pengadilan.. nah loh.. akhirnya gw pake surat keterangan dari notaris tujuan buat rekening giro itu…)

    5.buat Npwp pribadi syarat ktp ama keterangan domisili.. gampang sehari jadi…
    Untuk Npwp perusahaan syarat akte pendirian yg tadi sama ktp pendiri perusahaan
    ( gw 2x buat npwp perusahaan Yang pertama ini ga pake syarat cuma akte pendirian ama ktp pendiri n surat domisili.. nah karena npwp yang awal alamatnya salah… gw pindah alamat.. akhirnya ngulang lagi.. dan ternyata sekarang perlu SPT PBB tempat domisili kantor gw..
    kata bapaknya yang kurus dan berkumis itu
    ” maaf pak ini kebijakan baru hasil rapat 2 hari yg lalu”.. duh. . .

    Akhirnya gw yang bener2 buta masalah pajak mencari2lah apa itu SPT PBB….

    guess what… ternyata tanah yang mau gw pake tempat kantor itu belum bayar pbb dari 4 tahun yang lalu… mau ga mau urus yg namanya SPPT PBB…

    Ternyata Gw harus ganti nama PT gw… dari hasil itung2an numerologi dan tirakat 5hari 5malam serta mandi kembang gw ngerasa kayanya ga bagus…
    Akhirnya berubahlah namanya dari pt katara sakti menjadi PT KATARA RAYA…
    jadi sebenarnya gw 3x ganti npwp perusahaan.. huehehe….

    Ganti akte lagilah gw… bayar ulang uang pendaftaran ama notaris 385rb
    hiks…

    Anggap lah akte dah jadi … NPWP dah jadi…. sekarang gw masih harus cari yang namanya
    SIUJK Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi
    SIUJK ini perlu SITU (Surat Ijin Tempat Usaha)/ HO
    SITU perlu IMB
    IMB perlu SPT PBB
    SIUJK juga perlu Akte pendirian, KTP pendiri, KTP dewan Direksi, SKA dan SKT
    SKA ( baru buat ama om… jadi gw ikut asosiasi penyedia jasa konstruksi ngurusnya disitu bayar 1jtan.. nah karena gw tamat kurang lebih baru 1,5tahunan belum nyampe 2 tahun gw hanya bisa dapet SKA pemula yg masa berlakunya hanya satu tahun tembusannya kelpjk)
    Surat keterangan dari lpjk
    Perlu juga SBU
    dan masih ada beberapa lagi
    Kecuali SKA dan SKT semua ini formulirnya didapat dan disahkan didinas perijinan.

    Buset dah surat2 yang ga jelas…. n sebenarnya gw masih mentok di SPT PBB huahahaha…

    doain gw yah sodara2ku tercinta…

    sebenarnya gampang aja sih tinggal suruh penyedia jasa yang bisa bantu buat akte npwp siup siujk situ imb dsb dsb itu… tapi biayanya pasti akan berlipat2…….
    gw rasa lebih baik buat modal dasar
    dan ini proses pembelajaran dan pendewasaan buat gw..

    Saran dari gw yang mau buat PT yg bergerak dibidang penyediaan jasa konstruksi
    baca buku tentang undang2 perseroan terbatas bila perlu hapalin titik komanya… hee…
    yang kedua tentang manajemen konstruksi…. tentang struktur organisasi n penempatan dewan direksi..
    analisis struktur ama kalkulus ntaran aja dulu…. semangat dan mohon sama Yang Diatas… karena cobaan dan godaan untuk stuck bakal sangat beraddddddd…

    Jangan takut peluang kerja banyak apalagi pilihan naiknya harga BBM agar pemerintah punya dana untuk membiayai proyek pembangunan2.. Jdi proyek tetep banyak bro.. hanya gw ikut berduka cita ama yang salah buat RAP sebelum kenaikan bbm ini.. keep survive…

    kemarin gw ke aceh proyek gila2an disana… gw liat di PU paling kecil 1milyar.
    Civil ga ada matinya deh

    Mohon maap kepanjangan…

    c2k3sakti




    Polikarbonat (Polycarbonate)

    Jun. 16, 2008

    Polikarbonat (polycarbonate) merupakan salah satu jenis dari thermoplastic polimer. Sifatnya mudah dikerjakan (easily worked), dicetak (easily moulded) dan mudah terbentuk dengan panas (easily thermoformed). Material ini banyak digunakan pada industri kimia modern. Material ini memiliki identifikasi kode plastik 7.
    plastics 7
    Polikarbonat lebih banyak dikenal sebagai penutup atap. Sebenarnya ada banyak kegunaan bahan yang kuat dan tahan panas ini.
    Mungkin anda sudah sering melihat penutup atap pergola yang terbuat dari bahan semitransparan berwarna-warni.
    Mungkin juga anda sudah sering mendengar orang menyebut bahan ini dengan nama polikarbonat. Tetapi apa sebenarnya bahan yang berasal dari kata polycarbonate dalam bahasa Inggris ini?
    Polikarbonat yang sering disebut juga sebagai engineering plastic ini merupakan hasil sintesa minyak bumi dan gas.
    Sebenarnya material ini sudah ditemukan di AS, dan Jerman sejak tahun 1956. tetapi baru masuk ke Indonesia sekitar pertengahan 1980-an.

    Lebih Kuat
    Material ini sangat kuat. Bahan ini 250 kali lebih kuat dibandingkan kaca, dan 20 kali lebih kuat dibandingkan akrilik.
    Mengapa kedua bahan ini yang dijadikan perbandingan? Kaca dan akrilik merupakan bahan transparan yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Polikarbonatpun memiliki sifat transparan yang setara dengan kaca, namun punya kekuatan lebih baik.
    Selain kuat, polikarbonat juga tahan panas, alias baru meleleh sampai 2000 derajat celcius. Bila material ini terbakar, lelehannya tidak akan menyebar. Karena transparan, kuat dan tahan panas. Polikarbonat banyak digunakan untuk jendela pesawat terbang, tameng huru hara, gallon air minum, serta botol susu. Dengan kekuatan seperti ini, material ini segera dimanfaatkan sebagai pengganti kaca, misalnya untuk atap transparan maupun partisi ruang. Lalu apa bedanya dengan lembaran fiberglass yang juga digunakan untuk keperluan serupa? Jika terpapar panas matahari selama 3 tahun, fiberglass yang berasal dari serat kaca akan jadi getas (rapuh dan mudah patah). Bahan dasar polikarbonat yang berbeda membuatnya tidak getas meskipun terus menerus dijemur.

    Lembaran yang Fleksibel
    Sebagai material bangunan, polikarbonat dibuat dalam bentuk lembaran berukuran 2,1m x 11m. ketebalan dan bentuk yang tersedia cukup beragam. Ada yang berupa lembaran bergelombang, lembaran datar, serta lembaran berongga. Dibandingkan dengan yang lainnya, yang paling istimewa adalah jenis berongga.
    Masing-masing jenis itu memiliki ketebalan yang beragam. Untuk polikarbonat yang berupa lembaran bergelombang, ketebalan materialnya hanya 0,8mm. Sedangkan yang berbentuk lembaran datar, ketebalannya 1,1mm. Jenis yang berongga paling beragam, ketebalannya mulai 5mm samapai 16mm. Karena tipis, material ini dapat dilekukkan secara fleksibel. Material inipun sangat ringan, per m2 bobotnya hanya 1,2 kg (Densitas (ρ) polikarbonat = 1200 – 1220 kg/m3). Agar lebih mudah dipadankan dengan bangunan yang sudah ada, polikarbonat tersedia dalam berbagai warna, mulai dari yang bening, abu-abu, hijau, biru, merah muda, sampai warna keperakan dan keemasan. Untuk warna, produsen polikarbonat tertentu memberikan jaminan selama 10 tahun atas pudarnya warna.

    Bahan polikarbonat ternyata dapat dieksplorasi menjadi berbagai bentuk desain untuk rumah. Apa saja aplikasinya?
    Teknologi bahan ‘plastik’ polikarbonat masih terus berkembang. Saat ini masyarakat lebih banyak mengenal polikarbonat sebagai bahan penutup atap carport. Padahal polikarbonat berpotensi untuk diolah menjadi bentuk-bentuk desain yang menarik dan dapat diterapkan di rumah.
    Perkembangan pemakaian polikarbonat di Indonesia memang agak terlambat dibandingkan dengan negara-negara lain. Tapi lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali bukan? Berikut ini adalah beberapa aplikasi bahan polikarbonat yang dapat diterapkan di rumah.

    Anak Tangga
    Mirip seperti pada lantai, polikarbonat pada anak tangga harus memiliki ketebalan tertentu (minimal 16mm) agar kuat ketika dipijak. Wujud plastiknya yang semi transparan membuat seseorang biasanya akan merasa ragu ketika menaikinya. Sebenarnya dengan didukung oleh struktur tangga dan rangka polikarbonat, kita tidak perlu khawatir dengan kekuatannya. Ruang anda bisa terkesan sangat futuristic dengan anak tangga polikarbonat.

    Furnitur
    Material untuk furniture seperti kayu atau logam dapat dikombinasikan dengan lembaran polikarbonat. Beberapa contoh yang sudah ada, polikarbonat biasanya dipakai pada bagian-bagian tertentu saja seperti ambalan pada lemari, pintu lemari, atau bagian lain. Perpaduan tersebut menghasilkan furniture dengan tampilan modern dan hi-tech.

    Partisi Interior
    Pembatas ruang dari polikarbonat telah banyak dipakai pada interior kantor. Tapi bukan tidak mungkin bila anda mengaplikasikannya di rumah. Partisi polikarbonat cocok untuk interior yang modern. Bahan ini memiliki efek tembus pandang serta mampu membentuk pencahayaan yang unik, sehingga dapat menciptakan suasana ruang yang berkesan hi-tech. Sifatnya yang tahan air membuat bahan ini bisa juga diterapkan di area yang basah dan lembab seperti kamar mandi.

    Penutup Atap/Kanopi
    Sampai saat ini, polikarbonat masih popular digunakan sebagai penutup atap kanopi, gazebo, carport, skylight, bahkan atap jembatan penyeberangan. Sayangnya, desain bentuk atap yang umum dipakai di rumah-rumah masih ‘standar’, belum terlalu berani mencoba desain-desain yang unik. Recommend Penulis, Polikarbonat untuk kanopi:
    1. Twinlite 5mm untuk kanopi, warna gray, garansi 10 tahun
    2. Solarlite (merk lokal) lebih murah, garansi 5 tahun
    polikarbonat

    Greenhouse
    Setiap lembar polikarbonat memiliki kemampuan untuk menahan panas dan sinar ultra violet yang berbahaya bagi makhluk hidup. Namun sifatnya yang transparan masih dapat meneruskan cahaya lainnya. Oleh sebab itu, bahan polikarbonat cocok bila dipakai untuk rumah kaca (greenhouse), yakni tempat/ rumah untuk menyemaikan tanaman yang ruang dalamnya dapat diatur intensitas cahaya, suhu, dan kelembabannya.

    Lantai
    Aplikasi polikarbonat pada lantai belum banyak diterapkan di rumah, tapi sudah dipakai untuk dekorasi stand pameran dan lantai panggung. Bahan polikarbonat yang semi transparan dapat menciptakan efek lighting yang menarik dari arah bawah, sehingga tampilan ruang menjadi glamour dan meriah. Untuk lantai, ketebalan polikarbonat harus mencapai 16mm. Jika kita ingin membuat suasana di salah satu sudut rumah terlihat berbeda, lantai polikarbonat bisa dicoba.

    Pintu dan Jendela
    Daun pintu/ jendela dari polikarbonat dapat diaplikasikan di ruang-ruang yang semi privat, karena bayangan orang di baliknya masih terlihat samar-samar.

    Interaksi material dengan bahan lainnya
    Material yang akan merusak polikarbonat:
    * Alkali bleaches seperti sodium hypochlorite
    * Acetone
    * Acrylonitrile
    * Ammonia
    * Amyl acetate
    * Benzene
    * Bromine
    * Butyl acetate
    * Sodium hydroxide
    * Chloroform
    * Dimethylformamide
    * Concentrated hydrochloric acid
    * Concentrated hydrofluoric acid
    * Iodine
    * Methanol
    * Methyl ethyl ketone
    * Styrene
    * Tetrachloroethylene
    * Toluene
    * Concentrated sulfuric acid
    * Xylene
    * Cyanoacrylate monomers

    Material yang memerlukan perhatian khusus apabila kontak dengan polikarbonat:
    * Cyclohexanone
    * Diesel oil (solar)
    * Formic acid
    * Gasoline
    * Glycerine
    * Heating oil
    * Jet fuel
    * Concentrated perchloric acid
    * Sulfur dioxide
    * Turpentine

    Material yang aman bagi polikarbonat:
    * Acetic acid (asam asetat)
    * Ammonium chloride
    * Antimony trichloride
    * Borax in H2O
    * Butane
    * Calcium chloride
    * Calcium hypochlorite
    * Carbon dioxide
    * Carbon monoxide
    * Citric acid 10%
    * Copper(II) sulfate
    * Ethyl alcohol, i.e. ethanol 95%
    * Ethylene glycol
    * Formaldehyde 10%
    * Hydrochloric acid 20%
    * Hydrofluoric acid 5%
    * Isopropyl alcohol
    * Mercury
    * Methane
    * Oxygen
    * Ozone
    * Sulfur
    * Urea
    * Air pada suhu kamar (di atas 60 derajat akan menyebabkan degradasi hidrolisis)

    Sumber:

    Link Produsen:
    http://www.impack-pratama.com/twinlite.html