WATERLOO, KOMPAS.com – Selain mengumumkan dua model baru BlackBerry, Research In Motion (RIM), Senin (26/4/2010) juga merilis BlackBerry Mobile Voice System (MVS) 5. Teknologi ini memungkinkan BlackBerry menerima dan melakukan panggilan melalui jaringan WiFi sebagai telepon ekstensi.
Software tersebut membantu menghubungkan perangkat BlackBerry dengan insfrastruktur PBX (Private Branch Exchange) yang dimiliki perusahaan. Dengan memanfaatkan MVS 5, panggilan bisa dilakukan di mana saja selama terhubung ke jaringan WiFi. panggilan tersebut akan diteruskan ke PBX ke nomor yang dituju sehingga dikenakan tarif panggilan dari perusahaan. Sebelumnya, hal ini cuma bisa dilakukan lewat jaringan seluler.
Dengan layanan ini, MVS 5 didesain untuk kebutuhan pelanggan korporat yang ingin kepraktisan sekaligus menekan biaya telepon. Di manapun karyawan berada, panggilan dari dan ke perusahaan dikenakan tarif yang sama.
“BlackBerry Mobile Voice System 5 secara eektif menyediakan sebuah ekstensi wireless dalam sistem telepon korporat yang memungkinkan panggilan lewat WiFi dari ruang kerja, hotspot di luar kantor, maupun di rumah. hal tersebut memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan yang sering keluar kantor,” ujar Alan Panezic, VP Platform Product Management RIM.
MVS 5 saat ini baru bekerja dengan infrastruktur PBX Cisco Unified Communication Manager. namun, RIM terus berupaya agar solusi ini bisa juga dipakai di sistem PBX lainnya. Blackberry MVS 5 akan tersedia mulai akhir tahun ini. RIm tak menjelaskan lebih rinci berapa biaya implementasinya.
Author: WAH

Sumber: kompas.com
Link: http://tekno.kompas.com/read/xml/2010/04/27/03141428/BlackBerry.Bisa.Dipakai.Telepon.Lewat.WiFi

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *